Tulisan Viral: Cara Mengotomatiskan Judul Tulisan anda seperti virus yang menyebar
Larry Dotson
LANGKAH PERTAMA SISTEM PENULISAN VIRAL
- Salah satu cara termudah dan tercepat untuk menulis e-book adalah membiarkan orang lain menulisnya untuk anda. Anda tinggal mengirim satu e-mail ke sekelompok orang pintar, meminta konten yang berhubungan dengan e-book atau artikel yang sedang anda tulis atau kumpulkan. Saya akan memberi anda contoh e-mail atau permintaan konten. Jangan menggunakannya sebagai template. Anda harus mengubahnya untuk produk informasi atau artikel anda sendiri. Saya akan mengirim sesuatu seperti e-mail berikut bila saya ingin menulis sebuah e-book dengan tip tentang cara memperbanyak pelanggan e-zine anda.
Topik: Saya butuh bantuan anda?
Teman-teman yth,
Nama saya Larry Dotson. Bila anda tidak mengenal saya, saya sudah menulis banyak artikel dan e-book tentang pemasaran internet. Anda dapat mengunjungi web site saya di http://www.ldpublishing.com.
Seperti anda, saya selalu mencari cara baru untuk memperbanyak pelanggan e-zine saya. Saya saat ini mengumpulkan e-book tentang tip dan ide cara memperbanyak pelanggan e-zine. Tip ini terutama diperuntukkan bagi penerbit e-zine dan pemilik daftar pengiriman surat. Apakah anda bisa meluangkan waktu sebentar untuk menulis beberapa tip dan ide terbaik anda? Mohon hanya mengirim konten yang hak kepemilikannya ada di Anda (mis. Hak cipta, merek , paten, dst).
Saya akan menjual e-book ini. Meskipun saya tak dapat membayar konten anda, saya bisa memberi anda salinan e-book ini dengan gratis bila sudah rampung. Ini akan saling menguntungkan untuk kita semua. Saya akan mendapatkan konten dengan gratis sementara anda mendapatkan sebuah e-book yang penuh dengan tip dan ide baru. Silahkan anda mencantumkan web site atau bisnis anda di bawah tip yang anda kirim. Bayangkan, bila e-book ini menjadi buku terlaris, semua orang yang membeli e-book ini akan melihat iklan anda dan mungkin membeli produk anda.
Setelah saya menerima jawaban anda, saya akan merangkumnya dalam satu e-book. Saya mungkin akan memakai semua tip anda, mungkin tidak. Bila saya harus mengedit salah satu tip ini, saya akan menghubungi anda untuk memperoleh persetujuan dan izin final anda. Mohon kirim tip dan gagasan anda via e-mail ke bizreport@sssnet.com atau kunjungi web site saya bila ingin menggunakan formulir otomatis: http://www.ldpublishing.com. Silahkan beritahu saya kalau anda ada pertanyaan atau hal lain.
Hormat Saya,
Larry Dotson
NB. Mohon kirim tip anda selambatnya tanggal 23 agustus 2012, bila tidak saya tak akan dapat menggunakannya. Selain itu, anda tidak akan memperoleh copy gratis dari e-book dan iklan untuk bisnis anda.
LANGKAH KEDUA SISTEM PENULISAN VIRAL
- Di akhir permintaan terhadap konten, saya juga akan mengatakan hal seperti ini: “Bila anda tidak punya ide bagus, tolong teruskan pesan ini ke seorang kenalan anda yang punya ide bagus”, atau “Tolong teruskan pesan ini kepada kenalan anda yang mungkin tertarik untuk menyumbang”, atau “Bila mengenal seseorang yang mungkin ingin menyumbang tolong kirim penawaran saya kepada mereka.” Pesan anda akan tersebar ke orang lain yang akan memberi konten untuk produk informasi anda. Lalu orang-orang ini mungkin akan mengirimnya ke orang-orang yang mereka kenal, dan seterusnya. Persis virus.
LANGKAH KETIGA SISTEM PENULISAN VIRAL
- Bila produk informasi atau artikel anda hampir siap atau lengkap , anda bisa menambahkan hal berikut di bagian awal atau akhir produk anda: “Bila anda mempunyai tip atau ide bagus tentang cara memperbanyak pelanggan e-zine yang belum ada di e-book ini dan anda ingin meberi tip anda tersebut kepada saya di (alamat e-mail saya), saya mungkin akan menggunakannya untuk membuat e-book atau artikel tentang topik yang sama. Saya akan minta persetujuan akhir anda bila saya memutuskan untuk memasukkan tip anda. Dan saya akan memberi anda tiga salinan e-book atau artikel begitu sudah siap. Bila anda mengenal seseorang yang mungkin inginmenyumbang, tolong sampaikan pada mereka tentang penawaran saya.”
- Berikut adalah cara pendekatan lain: ”Bila anda mengetahui strategi lain tentang cara memperbanyak pelanggan e-zine, tolong kirim ke saya melalui e-mail di (alamat e-mail). Bila saya menerima cukup banyak masukkan perihal strateginya, saya mungkin akan menulis kelanjutan atau sambungan dari e-book ini. Saya akan minta persetujuan akhir anda bila saya memutuskan untuk melakukannya. Dan saya akan mengizinkan anda untuk memasang iklan bisnis anda di bagian akhir e-book. Bila anda mengenal orang lain yang mungkin ingin menyumbang, tolong beritahu mereka tentang penawaran saya.”
- Dengan pernyataan ini anda mungkin akan memperoleh cukup banyak konten untuk membuat produk tahap akhir dan produk papan atas. Bila anda hanya menerima beberapa masukkan, anda dapat menggunakannya untuk menulis artikel promosi untuk produk informasi yang anda jual. Hal ini juga dapat membantu anda membuat update untuk produk informasi anda. Idenya teramat banyak.
- Ide tambahan: anda juga bisa minta konten tentang topik lain dari orang-orang jika anda tahu apa yang akan dibahas dalam produk informasi atau artikel anda yang berikutnya.
- Apakah anda kini melihat betapa mudah dan menguntungkannya penulisan viral? Sekarang mari kita melihat beberapa petunjuk agar penulisan viral dapat memberi hasil untuk anda.
TUJUH CARA MENULIS PRODUK INFO DENGAN MENGIRIM SATU E-MAIL
- Produk informasi spesifik: Bila anda menginginkan tip, strategi, ide, proses spesifik, dan sebagainya, anda dapat memulai dengan sesuatu seperti “Saya sedang menyusun e-book tentang kencan romantis.”
- Produk informasi umum: Bila anda menginginkan tip dan ide dalam lingkup yang luas, yang selalu dapat anda tambahkan, pendekatan anda adalah, “saya sedang menyusun e-book tentang tip dan ide menyangkut semua aspek penerbitan dan promosi e-zine—contohnya: ide konten, strategi memperbanyak pelanggan, proses pembuatan e-zine, dan sebagainya.”
- Wawancara /produk informasi kehidupan nyata : Bila anda ingin wawancarai seorang pakar mengenai sebuah topik, gunakan daftar pertanyaan yang sudah disediakan. Anda bisa mengatakan , “saya sedang menyusun e-book yang mencakup wawancara dari 20 pemasar online terkemuka. Bila anda ingin menjadi salah satunya, jawablah beberapa pertanyaan berikut...”
- Produk informasi cerita pendek: Bila anda menginginkan kumpulan cerita pendek fiksi atau nonfiksi (atau hanya satu), misalnya kisah sukses, cerita anak-anak, studi kasus, cerita fiksi, dan sebagainya, Anda dapat memulai tulisan anda dengan kata-kata: “Saya sedang menyusun sebuah e-book yang akan memuat lima cerita pendek tentang bagaimana orang memutuskan untuk mendirikan bisnis sendiri.
- Bila Anda ingin berbagi kisah atau pengalaman anda....”
- Produk informasi artikel bebas: Bila anda mencari artikel yang sudah diterbitkan, informasi atau kutipan tentang topik umum atau khusus. Anda dapat memulai tulisan anda dengan kata-kata: “Saya sedang menyusun sebuah e-book tentang artikel yang berhubungan dengan pemasaran online. Bila anda ingin memasukkan artikel anda...”
- Produk informasi direktori: Bila anda ingin memperoleh daftar sumber daya seperti e-zine, web site , ring web,lokasi off-line, pakar direktori tentang e-zine yang saling bertukar iklan e-zine, yang akan dibuat dalam format e-book. Bila anda ingin mendaftarkan e-zine anda, tolong isi informasi di bawah...”
16 UNSUR PENTING UNTUK DIMASUKKAN DALAM PERMINTAAN KONTEN ANDA
Anda bisa menggunakan semua unsur ini dalam permintaan anda, atau sebagian.- Pastikan kelompok orang kepada siapa anda mengirim permintaan konten anda miliki pengetahuan tentang informasi atau topik yang anda cari. Bila tidak, anda hanya buang waktu. Contohnya, bila e-zine anda membahas pemasaran online, mengirim permintaan konten menyangkut tip berkebun bukanlah ide yang bagus.
- Pastikan anda menetapkan batas waktu atau tenggat kapan anda membutuhkan atau menginginkan kontennya. Ini membuat orang bergerak lebih cepat dan membantu anda merampungkan proyek anda dengan lebih cepat atau tepat waktu.
- Pastikan anda memberi kesan pribadi pada pesan yang anda kirim, bila mungkin. Ini akan merebut perhatian orang dan mereka akan lebih cepat membaca permintaan konten yang anda kirim. Anda juga tidak terkesan mengirim pesan ke ratusan ribu orang. Bila anda tidak bisa, alangkah baiknya bila anda menggunakan salah satu dari kata-kata berikut dalam kotakjudul atau headline anda: ”Saya butuh bantuan anda!” “Dapatkah anda membantu saya?” Kebanyakan orang dididik untuk membantu orang yang butuh bantuan, atau bahwa membantu orang lain adalah sesuatu yang sopan. Pilihan lain adalah menggunakan manfaat yang anda tawarkan pada mereka, seperti “E-book Gratis!” “Dapatkan publisitas gratis!” dan sebagainya.
- Pastikan anda memperkenalkan diri dan atau memperkenalkan bisnis anda. Beri informasi latar belakang yang bermanfaat atau persuasif , seperti menceritakan pada mereka persamaan anda dengan mereka. Ini akan membuat mereka menyukai anda sehingga mereka lebih cepat menyerahkan kontennya pada anda. Selain itu ceritakan pada mereka apa saja yang akan memperlihatkan wewenang atau kredibilitas anda sehingga mereka percaya pada anda menyangkut konten yang mereka serahkan.
- Berikan gambaran yang jelas mengenai imbalan yang akan mereka peroleh bila memberikan konten pada anda. Buat penawaran yang menarik untuk indra dan imajinasi mereka. Selain itu, gunakan perumpamaan , cerita, dan analogi yang persuasif.
- Pastikan permintaan konten anda terlihat mantap dan profesional. Anda tidak menginginkan kesalahan ejaan atau tata bahasa. Baca ulang konten anda. Jaga agar konten anda tersusun rapi dan logis. Permintaan anda harus sederhana. Soroti setiap kata dan istilah penting atau persuasif . Tulis konten ini sesuai gaya bicara anda. Pastikan seorang anak kecil bisa memahaminya. Gunakan kata-kata, kalimat, dan paragraf pendek. Gunakan kata-kata positif. Konten anda harus bisa dibaca dengan jelas dan mudah. Konten harus bebas dari jargon yang tidak dipahami orang.
- Beri satu atau dua pujian pada khalayak anda. Sanjungan akan membawa hasil. Sertakan informasi yang membuat mereka merasa anda mengenal mereka secara pribadi. Kebanyakan orang merasa dirinya pintar, bukan? Anda bisa berkata, “anda orang pertama yang saya tanyai karena saya tahu betapa berpendidikan dan berpengalamannya anda dalam hal memperbanyak pelanggan e-zine.”
- Pastikan mereka merasa berhungunan dengan manusia. Perlihatkan emosi anda. Bila anda bergairah dan antusias terhadap produk informasi yang anda tawarkan, mereka pun akan antusias , dan mereka akan senang memberi konten mereka kepada anda. Gunakan tanda seru dan gambar wajah tersenyum, dan mulai setiap kata emosional dengan huruf besar.
- Pastikan anda memberi beberapa pilihan pada orang. Ini membuat mereka merasa bahwa memberi konten pada anda adalah kemauan mereka sendiri. Contohnya. “Saya mempersilahkan anda untuk mendapatkan e-book dengan gratis dan memuat iklan anda pada bagian akhir e-book , atau mendapatkan diskon untuk e-book ini dan menempatkan iklan anda di bagian awal e-book.”
- Sertakan kata-kata seperti saling menguntungkan , manfaat, profit, untung, adil , setara dan sebagainya. Ini akan membantu mempersuasi mereka bahwa ini sesuatu yang saling menguntungkan.
- Buat mereka merasa bahwa mereka memperoleh lebih daripada apa yang telah disepakati. Tawarkan kepada mereka insentif besar—misal, dari penjualan, dan sebagainya. Anda juga dapat mencantumkan jumlah dolarnya di sebelah setiap barang, atau menjumlahkan nilai totalnya di bagian akhir. Ini memperlihatkan pada mereka nilai lebih yang akan mereka peroleh.
- Jelaskan pada mereka bagaimana anda akan menggunakan konten yang mereka sumbangkan dalam produk informasi anda. Bila mereka tidak mengerti, mereka mungkin tidak akan mengirim konten kepada anda. Lagi pula, anda tidak menghendaki adanya kesalah-pahaman yang akan menyulitkan anda kelak. Berikut adalah beberapa rincian yang mungkin harus anda jelaskan:
? Apakah anda akan menjualnya?
? Apakah anda akan memberikannya secara cuma-cuma?
? Apakah anda akan mengizinkan orang lain memberikannya secara cuma-cuma?
? Apakah anda akan menjual hak mencetak kembali?
? Apakah anda akan menawarkan program afiliasi?
? Apakah anda akan menjual hak utama mencetak kembali?
? Apakah anda akan menjual hak kostumisasi?
? Apakah anda akan mengubahnya ke format lain? - Pastikan anda terperinci menyangkut konten yang anda cari. Anda tidak menginginkan konten yang tidak anda butuhkan. Ini juga akan menghemat waktu anda—anda tak perlu mengirim ulang permintaan e-mail anda.
- Pastikan anda terlindung. Sebaiknya pengacara anda menulis pasal yang melindungi anda dari tuntutan menyangkut konten yang dikirim ke e-book atau produk informasi anda. Misalnya, orang yang mengirim ke anda mungkin bukan pemegang hak cipta, merek dagang, atau pemilik paten yang sebenarnya atas konten yang dikirim. Konten bisa membahayakan bagi yang membacanya. Gunakan pasal atau disclaimer lain yang dianjurkan pengacara anda. Anda dapat memasukkannya dalam permintaan e-mail anda dan dalam produk informasi anda.
- Pastikan mendapat persetujuan final kontributor bila anda harus mengedit atau mengubah konten mereka. Bila anda tidak mau mengedit atau memeriksa ulang, atau anda tidak tahu caranya, anda dapat menawari seorang editor atau pemeriksa untuk beriklan di e-book anda sebagai imbalan jasa mereka.
- Pastikan permintaan konten anda memuat semua informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan resmi, tapi beri ruang untuk negosiasi, pertanyaan, atau pernyataan prihatin. Contohnya, anda mungkin dapat mengakhiri permintaan anda dengan mengatakan, “Mohon beritahu saya bila anda mempunyai pertanyaan.” Selain itu, bersiaplah menjawab pertanyaannya apa pun yang diajukan orang.
10 TEMPAT KEMANA ANDA HARUS MENGIRIM PERMINTAAN KONTEN ANDA
Anda kemungkinan besar hanya perlu menggunakan salah satu dari metode ini, tergantung kepadatannya. Bila anda menginginkan e-book yang besar, mungkin anda ingin mengirim e-mail anda ke berbagai tempat.- Kirimkan ke daftar pelanggan e-zine anda.
- Kirimkan ke kelompok diskusi yang berhubungan dengan e-mail.
- Kirimkan e-mail dan bcc (blind carbon copy) ke kelompok orang berpendidikan atau pakar yang ditargetkan, yang telah anda pilih.
- Muat pada ruang chat yang mengizinkannya.
- Muat e-mail ini pada message board terkait yang mengizinkannya.
- Muat e-mail ini pada web blog terkait yang mengizinkannya.
- Tukar atau beli ruang di e-zine lain untuk mengirimkan pesan e-mail anda
- Muat e-mail anda di web site anda.
- Setel permintaan anda sebagai formulir otomatis di web site anda dan arahkan orang ke sana dari e-mail anda.
- Tukar atau beli ruang di web site lain untuk memuat e-mail anda.
12 CARA UNTUK MEMPERSUASI ORANG SUPAYA MEMBERIKAN KONTEN ATAU IDE MEREKA
- Tawari mereka promosi gratis untuk bisnis, produk, web site mereka.
- Tawari mereka copy gratis dari produk informasi bila sudah siap.
- Tawari mereka diskon untuk produk lain yang anda jual.
- Tawari mereka diskon untuk produk lain yang biasanya anda jual.
- Tawari mereka produk gratis yang biasanya anda jual.
- Tawari mereka kesempatan pertama untuk bergabung dengan program afiliasi anda
- Tawari mereka hak mencetak kembali atau hak utama mencetak kembali untuk produk informasi.
- Tawari mereka iklan gratis di web site anda atau di e-zine anda.
- Tawari mereka sebuah e-book, copy gratis dari produk informasi dengan link afiliasi yang disesuaikan dengan selera mereka (bila anda mengizinkan orang lain memberikannya sebagai alat pemasaran menular).
- Tawari mereka keanggotaan gratis (bila anda mendirikan situs keanggotaan produk informasi).
- Tawari mereka copy informasi gratis serta update gratis bulanan atau tahunan.
- Tawari mereka uang di muka, misalnya $5 per tip atau dalam bentuk sebuah kontes. Anda harus berkata, “Anda akan memenangkan $100 bila ide anda terpilih untuk diterbitkan di halaman pertama!”
CONTOH MENULIS VIRAL KEHIDUPAN NYATA
![]() |
Tulisan Viral |
Teman saya Joe Vitale mengirimkan e-mail permintaan konten berikut kepada saya dan beberapa orang lain. Meski ia tidak menggunakan semua langkah vital yang saya bahas sebelumnya, cara ini tetap berhasil!
Judul: Saya butuh bantuan anda
Tanggal: Sabtu, 2 Maret 2012 10:54:29 – 0600
Dari: ”Joe Vitale” jgvitale@ix.netcom.com
Kepada : “Joe Vitale” me@mrfire.com
Saya akan melakukan presentasi di New Orleans pada tanggal 14 Maret tentang “Pemasaran Menggemparkan untuk Koran Gratis”.
Saya mengumpulkan ide yang dapat membantu para penerbit ini memasarkan diri dengan lebih baik. Mereka terutama harus membangun basis pelanggan dan menarik lebih banyak pemasang iklan. Bersediakah anda menyisihkan waktu untuk mencatat beberapa ide tentang bagaimana mereka dapat melakukannya? Anda akan sangat membantu saya, juga mereka. Saya mungkin akan mengumpulkan jawaban yang saya peroleh, memasukkannya dalam laporan dan membagikannya, yang akan memberi anda publisitas gratis. Jadi silahkan mempromosikan buku atau web site anda, bila anda ingin. Saya ingin ini menguntungkan bagi kita semua. Bila anda menginginkan informasi tambahan mengenai penerbit koran gratis ini dan tantangan yang mereka hadapi, lihat artikel di bawah, yang dikirim kepada saya oleh seorang tokoh penting di organisasi.
Saya berterimakasih atas segala bantuan yang dapat berikan kepada saya dan mereka.
Terima kasih,
Joe
NB. Berhubung presentasi saya akan berlangsung dalam waktu kurang dari dua Minggu, ketetapan waktu adalah penting.
Salah satu tema yangselalu mengemuka di konferensi adalah “Kami (koran kami) tidak mendapatkan respek”—dari biro iklan, dan dari account regional utama di pasar. Para pengiklan kecil dan menengah yang beriklan di koran milik anggota kami meraih hasil besar dan terus beriklan, tapi di banyak pasar, kami tidak berhasil memperoleh account besar yang kami inginkan. Iklan-iklan ini biasanya dipasang di koran harian, meskipun kebanyakan koran ini mempunyai sirkulasi banyak iklan diler mobil , koran lain memuat banyak iklan pangan, dan yang lain penuh dengan iklan pesta pribadi, tapi kinerja kami untuk akun regional tidak sebaik itu.
Kios koran yang memasuki pasar di seluruh Amerika merupakan ancaman terhadap koran gratis. Kekuatan kami terletak pada bisnis kecil dan menengah yang akan tutup dan bekerja untul Wal-Mart, Home depot, dsb
Bab29 adalah produk informasi yang diciptakan Joe dengan satu e-mail ini.
Larry Dotson adalah penulis produktif dari banyak e-book, termasuk banyak diantaranya yang ditulis bersama joe vitale. Situs utamanya di www.ldpublishing.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar