Rabu, 21 Desember 2016

Lima Cara Sederhana untuk Meningkatkan Konversi WebSite Anda

Cara Sederhana untuk Meningkatkan Konversi Web Site Anda


Jo Han Mok
Apakah ada pengaruhnya berapa banyak pengunjung yang mengunjungi web site anda? Saya ingin berbagi lelucon yang sering di ceritakan di antara para pemasar Internet kawakan. HITS: How Idiots Track Sales—Cara Idiot Mengawasi Penjualan.

Fakta: Ini bukan tentang banyak-banyakan pengunjung. Ini adalah tentang mendapatkan pengunjung yang anda bidik dan mengubah mereka dari penjelajah Internet menjadi pembeli. Kenyataannya, jika web site anda tidak melakukan tugas dengan baik, tak ada pengaruhnya berapa banyak orang yang mengunjungi situs anda setiap bulan. Sebaliknya bila anda menjual produk seharga $49 dan bisa mengubah 15 persen pengunjung anda menjadi pembeli. Anda akan mempunyai nilai pengunjung sebesar $7.35! Bayangkan bila setiap pengunjung bernilai $7.35 bagi anda!

Bila demikian, anda tidak perlu terlalu banyak pengunjung pada web site anda. Pikirkan: bila menerima 1.000 pengunjung saja, anda akan memperoleh profit sebesar $7,350! Dan siapa pun yang sudah lama berkutat di bisnis ini akan mengatakan bahwa dengan iklan yang tepat  anda akan dengan mudah mendapatkan 1.000 pengunjung.
Jadi, yang penting bukan jumlahnya. Yang penting adalah jumlah yang memenuhi syarat dan apa yang anda lakukan dengannya!  Berikut adalah lima cara sederhana untuk meningkatkan nilai kontroversi web site anda.


Lima Cara Sederhana untuk Meningkatkan Konversi WebSite Anda
Lima Cara Sederhana untuk Meningkatkan Konversi WebSite Anda

Lima Cara Sederhana untuk Meningkatkan Konversi Web Site Anda


JERAT MEREKA
Hal pertama yang dibutuhkan web site anda adalah headline ampuh yang akan membuat pembaca terkesima. Kedengarannya luar biasa, tapi headline yang mencolok secara potensial  dapat meningkatkan respons terhadap anda hingga 1.700 persen esok sorenya. Mengutip ucapan David Ogivily, jumlah orang yang membaca berita utama lima kali lipat dari yang membaca –baca bagian lain.
Berikut adalah beberapa kiat untuk membantu anda membuat headline ampuh dengan lebih baik dan lebih cepat:
  1. Buat headline anda berdasarkan rasa frustrasi pasar yang anda targetkan. Apa yang membuat mereka terjaga di malam hari? Bila anda tahu persis apa yang menggerakkan mereka , anda dapat membuat headline yang blak-blakkan.
  2. Gunakan tanda kutip pada headline anda. Tanda kutip, sebagaimana pernah diuji oleh pakar seperti Ted Nicholas dan Garry Halbert, menaikkan respons.
  3. Bila menderita karena blok penulis, biasanya sulit membuat kekeliruan membuat hedline berisi “Cara melakukan”.

BUAT MEREKA PENASARAN
Ingin tahu pentingnya membuat orang penasaran? Orang tidak tahan bila ada sesuatu yang dirahasiakan dari mereka. Itu adalah hukum psikologis paling dahsyat di balik karya copywriting paling sukses.
Anda bisa menerapkan hukum ini untuk membujuk prospek anda terus membaca tulisan anda. Hal itu seperti menghisap pembaca anda dengan alat pengisap debu.  Dan bila anda menerapkan hukum ini, entah anda berpikir: “Semakin banyak anda mengungkapkan,  semakin banyak anda menjual “atau”Semakin banyak mereka membaca, semakin banyak mereka membutuhkan”, keduanya akan membawa hasil bagi anda.
Kunci menjadikannya berhasil: Pembaca anda harus berpikir bahwa ada sesuatu yang mencegah mereka mendapatkan hasil yang seharusnya mereka peroleh, dan bahwa surat penawaran yang mereka baca adalah mata rantai yang terputus.

KEJUTKAN MEREKA
Apakah anda tertarik mempelajari sesuatu yang sudah anda ketahui? Kemungkinan besar  tidak. Kontroversi menjual. Hal itu klise tapi benar. Bila copy web site anda mengungkapkan mengapa pembaca anda keliru tentang sesuatu yang selama ini mereka anggap benar, anda akan secara drastis menambah jumlah pembaca anda, dijamin! Itulah alasan yang sama orang menyukai tabloid.
Perkenankan saya memberi anda contoh. Bila headline saya mengatakan “Mengejutkan! Penelitian Medis terkini mengungkapkan Bahwa vitamin C Menyebabkan kanker!”, apakah anda akan tertarik membaca berita ini? Silahkan membaca majalah Enquirer, majalah wanita, dan Reader’s Digest. Anda bisa belajar banyak dari media seperti ini untuk meningkatkan nilai konversi web site anda.

LIBATKAN MEREKA
Orang menyerap informasi melalui sejumlah indra. Berikut adalah tiga indra utama:
  1. Visual
  2. Auditori
  3. Kinestetik
Kebanyakan orang belajar dengan mengandalkan beberapa indra, meskipun mereka cenderung mengandalkan satu indra.
Orang yang mengandalkan penglihatan suka melihat sesuatu. Orang seperti ini biasanya tidak kesulitan membaca web site dan biasanya mudah menerima pemicu hipnosis seperti “Bayangkan ini...”, “Gambarkan ini...”, atau “Lihat sendiri...”
Orang yang mengandalkan pendengaran suka mendengar sesuatu. Teknologi audio streaming baru di web site memungkinkan anda menggunakan produk seperti audio generator atau sonic memo dengan mudah dan membuat web site anda bicara. Alat video menarik bagi kelompok visual dan kelompok auditori. Teknologi ini sekarang hadir sehingga dapat dijadikan pilihan.
Orang kinestetik suka meraba sesuatu. Mereka dengan mudah “ menangkap sesuatu” dan suka belajar dengan “tangan”. Anda bisa memberi mereka pertanyaan di body copy anda, menambahkan kotak tanda silang yang dapat mereka coret, dan menyertakan teka teki untuk menarik perhatian mereka.
Pendek kata: Tawarkan pengalaman multimedia. Hal itu akan meningkatkan daya tarik situs anda.

BUAT MEREKA MELIHAT
Tidak banyak orang yang membicarakannya, tapi tampilan web site anda adalah suatu hal yang penting bila anda serius hendak meningkatkan nilai konversi anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan:
  1. Font: Tahoma untuk headline dan Arial untuk body copy biasanya adalah kombinasi yang sangat bagus. Sekali-kali, Courier dan Verdana boleh juga.
  2. Kosmetik: Apakah anda membuat huruf menjadi bold, italic, dan apakah anda memberi warna khusus?
  3. Tabel: Membuat tabel untuk testimoni  dan poin-poin anda membuat web terlihat  apik serta lebih mudah dibaca.
  4. Warna: Warna yang anda pilih untuk body copy juga sangat penting. Anda bisa bersikap estetis dan memiliki skema warna, tapi hal itu harus bisa meningkatkan jumlah pembaca situs anda.
Akan menjadi sia-sia dan tak berguna. Sebaiknya anda memilih latar belakang gelap sehingga mata prospek anda berpusat pada body copy karena menimbulkan efek kontras.
Bila hal itu menambah jumlah pembaca, lakukan! Sebagaimana dapat anda lihat, strategi konversi web site ini hampir tidak membebankan biaya, hanya membutuhkan sejumlah waktu. Namun, apakah waktu yang anda habiskan setimpal nilainya? Peningkatan penjualan anda menjadi penilainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar