Kamis, 15 Desember 2016

10 Kunci Utama Pemasaran lewat Internet Marketing

10 Kunci Utama Pemasaran Lewat Internet Marketing 


Berikut adalah Kunci keberhasilan dalam cara Pemasaran lewat internet. Silahkan baca penjelasan detail sampai tuntas mengenai strategy pemasaran ataupun sikap-sikap yang harus kita lakukan agar berhasil di dalam memasarkan produk melalui internet.


FONDASINYA

Faktor penentu pertama yang menunjukkan apakah anda akan sukses sebagai pemasar Internet adalah cara anda bergaul dengan orang. Baca sekali lagi bila anda terkejut membacanya. Ini adalah kunci kesuksesan anda dalam segala hal yang anda lakukan.

Apakah anda orang yang disukai ? Semula saya pikir saya akan menjadi seorang anonym, bersembunyi dibalik computer, tanpa berhubungan langsung dengan pelanggan. Teruslah bermimpi, sobat. Itu bukan realitas. Dan meskipun anda bisa mengelak berhubungan langsung, sifat asli anda akan tercermin dari tulisan dan atau upaya pemasaran anda serta akan sangat berpengaruh pada laba anda.

Sekarang, bertanyalah pada diri sendiri : Apakah anda orang yang disukai ? Apakah anda secara tulus peduli terhadap pelanggan dan pemasok anda ? Apakah tindakan anda menunjukkan kepedulian anda dalam memberikan layanan dan nilai yang istimewa ? Apakah anda sering memberi kejutan menyenangkan kepada pelanggan dengan member mereka lebih daripada yang anda janjikan ? Apakah anda menghargai orang-orang yang mendukung anda ?
Atau apakah anda penggerutu dan serakah ? Apakah anda menghalalkan segala cara untuk menjual ? Apakah anda menerima uang lalu kabur ?

Jujurlah dan jangan merasa sebal bila anda tidak menyukai jawaban anda.  Anda dapat merubah dan memperbaiki kebiasaaan anda selang beberapa waktu. Ada orang yang menghasilkan uang tanpa bersikap baik dan berhati-hati, tapi mereka melakukan dengan cara keras serta tidak menyenangkan.
Dengan asumsi faktor lain tidak berubah, mereka akan menghasilkan uang lebih sedikit dalam kurun waktu lebih singkat dan akhirnya merasa tidak puas dalam berbagai hal.

Bila bergaul bukan pembawaan alami anda, cobalah lebih keras. Bersikaplah lebih peduli sedikit demi sedikit, hari demi hari, dan anda akan mendapat imbalan financial serta batin. Perubahan akan datang secara alami ketika anda memberi perhatian yang lembut pada perbuatan anda.


RESPEK + KREDIBILITAS = PELANGGAN YANG LEBIH PUAS DAN LABA YANG LEBIH TINGGI

Bayangkan anda sedang menjelajahi Web untuk mencari informasi dan menelusuri berbagai situs yang tampak menarik bagi anda. Ada banyak persamaan diantara e-book yang dijual, dan meskipun anda mencari informasi yang gratis, anda memutuskan untuk mendapat informasi yang segar, inovatif, yang harus anda bayar untuk memperolehnya. Pikirkan skenario berikut.



Produk Digital A
•    Situs ini men-download secara lamban.
•    Terdapat banyak pop-up windows untuk segala hal, dari Viagra hingga Kasino online.
•    Tampaknya merupakan informasi baik, tapi anda meragukan pernyataannya.
•    Harganya $19.

Produk Digital B
•    Situsnya men-download secara cepat.
•    Ada satu penawaran pop-up dari penulisan situs yang menawarkan e-zine gratis.
•    Tampaknya informasi baik dan klaimnya dapat dipercaya.
•    Harganya $149.

Produk Digital C
•    Sama seperti produk B, tapi juga mencakup beberapa tambahan dengan biaya beberapa ratus dollar yang harus dibeli secara terpisah. Anda dapat langsung menggunakan tambahannya, dan tambahannya mendukung produk utama.
•    Harga $199.


Dengan asumsi semua factor lain tidak berubah ( dan ada banyak yang akan kita bahas ), produk mana yang akan anda beli ? Semua pilihan itu ada pasarnya. Dan bila disajikan dengan sebagian besar unsure penting, semua produk itu berfungsi dengan baik.

Betul, bahkan produk A pun dapat menghasilkan uang. Tidak berarti anda menginginkannya, berhubung ada alternative lain yang jauh lebih baik. Banyak orang mempromosikan sesuatu seperti produk A dan mereka kehilangan peluang besar. Merka tidak mengetahui pentingnya menambah nilai serta metodenya, selain tidak memahami bahwa pengunjung situs mereka harus dihormati. Ini adalah permainan angka, dan ada saja orang yang ingin atau butuh membayar murah, serta mereka dapat mengabaikan tidak mempedulikan berbagai kemunduran.

Saya ingin memberi anda pertanyaan yang sering diajukan oleh ayah saya ketika saya masih muda. Usia ayah saya 80 tahunan, dan meskipun sudah pensiun selama 20 tahun, beliau seorang penjual handal ( dan beliau selalu punya lelucon ).

Ayah saya menanyakan ini : Apakah kamu lebih suka membayar sedikit lebih banyak dan mendapatkan jauh lebih banyak ? atau membayar lebih sedikit dan mendapatkan jauh lebih sedikit ? Bila produk yang akan anda beli dirancang untuk menghasilkan lebih banyak uang bagi anda, dan anda akan mendapatkan lebih banyak uang berkat tambahan pada produk serta tambahan bonus, anda akan bersedia mengeluarkan uang sedikit lebih banyak. Betul ?

Saya akan menunjukkan kepada anda cara menambah banyak nilai pada produk anda dengan sedikit upaya tambahan tanpa anda perlu mengeluarkan biaya.
Ingat persamaan diawal bagian ini : Respek + Kredibilitas = Pelanggan yang lebih puas dan laba yang lebih tinggi. Bagaimana menerjemahkannya.

Dalam contoh terdahulu, pemilik situs produk A kurang menunjukkan respek. Situsnya lamban men-download dan tidak menghargai waktu pengunjung. Sikap tidak menghargai selanjutnya ditunjukkan dengan banyak nya pop-up di situs tersebut serta bentuknya. Bila sebuah situs gagal mengukuhkan kredibilitas, kemungkina situs tersebut akan gagal menarik pelanggan dan laba yang lebih tinggi. Kenyataan ini  menjadi semakin penting hari demi hari dan orang menjadi semakin capek menghadapi penipu.

Produk B diminati, atau setidaknya tidak kehilangan minat dalam sekejap, dan produk ini disukai calon pembeli karena kecepatan men-downloadnya. Produk ini membangun kredibilitas dengan pemuatan testimony dan pembuktian klaimnya. Produk C menghasilkan laba yang lebih besar untuk penjual serta member nilai yang lebih besar dan menarik minat sebagian besar pembeli potensial.

Saya pernah menanyakan kepada anda produk mana yang ingin anda beli. Sekarang perkenankan saya mengajukan sebuah pertanyaan lagi kepada anda. Anda ingin menjadi penjual yang mana ?
Apa yang kami teliti di sini mungkin terdengar sederhana. Namun prinsip nya, pesan pokoknya, penting untuk anda terima dan kegagalan menerima nya akan membawa dampak besar pada laba bersih serta kesejahteraan anda. Jangan mengabaikan atau membaca bab ini dan prinsip yang menyertainya dengan terburu-buru. Anda akan rugi bila mengabaikannya atau terburu-buru mambaca bab ini, sehebat apapun keterampilan pemasaran dan bisnis anda.

Apakah anda mamahami maksudnya ? Anda akan menjual lebih banyak produk dan jasa dengan harga yang lebih tinggi serta kepuasan yang lebih besar jika pelanggan senang berurusan dengan anda. Anda pun akan kian meningkatkan laba bila dapat diandalkan dan dapat menjadi penambah nilai bagi pelanggan.

Ada beberapa pembawaan tertentu yang dimiliki orang sukses. Beberapa pembawaan mungkin alami bagi anda, pembawaan lain harus anda pelajari.  Beberapa diantaranya tidak anda setujui atau sukai, dan anda akan menampiknya.  Pembawaan yang tidak anda sukai inilah yang harus ditekuni.  Pembawaan yang tidak anda minati selama ini menghalangi kemajuan anda. Pembawaan ini paling sulit untuk dipahami atau diterima karena beberapa sebab.  Anda harus bersedia keluar dari zona nyaman anda bila perlu.
Berikut uraian dari beberapa pembawaan yang sebaiknya anda pikirkan dan mulai usahakan.
10 Kunci Utama Pemasaran lewat Internet Marketing
Pemasaran Lewat internet



10 PERATURAN PEMASARAN INTERNET YANG UTAMA


Dengan mengikuti 10 prinsip ini, anda akan mengembangkan pembawaan utama yang akan menuntun anda menuju kesuksesan dengan cepat.

1.    Selalu katakan yang sebenarnya

Anda tidak perlu punya daya ingat yang tajam bila anda selalu jujur. Anda akan kehilangan kredibilitas bila ketahuan berbohong. Menceritakan kebohongan di Internet melalui testimony atau membuat klaim yang berlebih akan mengakhiri karier anda dengan cepat.

Ketika anda mengunjungi sebuah Web site dan melihat testimony seperti ini :
“Produk anda bernilai 10 kali dari yang saya bayarkan”. TC, Blaine, WA.

Apa yang terpikir oleh anda ? Siapa itu TC ? iya kan ? Apakah sang pemasar sekedar mengarang testimony ? Mungkin TC berada dalam program perlindungan saksi. Ya betul. Itulah sebabnya kita tidak mengetahui nama lengkapnya.

Atau bagaimana dengan testimony seperti ini :
‘Prduk anda bernilai 10 kali dari yang saya bayarkan”. John Smith.

Hmmm John Smith berasal dari mana ya ? Sebuah misteri yang harus diungkapkan !
Begini, hal semacam ini sudah sering kita lihat. Contoh-contoh ini bukan dibuat-buat, bukan pula sekedar dugaan. Perhatikan segala hal yang anda lakukan dan segala klaim anda, dan selalu sajikan diri serta penawaran anda secara meyakinkan. Bila perlu sodorkan bukti.

2.    Jadilah Perunding yang Adil

Dalam hubungan pertemanan, anda berunding dengan teman-teman anda saat membahas film yang hendak ditonton atau restoran yang hendak dikunjungi. Disisi lain anda melakukan perundingan kerjasama dengan para pemasar lain.

ADa banyak wilayah dimana anda dapat merundingkan harga yang lebih rendah dan syarat yang lebih baik untuk barang serta jasa yang anda butuhkankan sebagai produk pemasaran anda di Internet. Selain itu pemasaran Internet yang sukses belajar berdagang dan bertukar barang serta jasa mereka dengan orang lain yang berbisnis di Web Site. Ini tidak saja membantu anda memaksimalkan laba, tetapi juga membuka pintu bagi banyak peluang baru yang akan anda peroleh.

Internet adalah tempat yang menarik untuk berbisnis. Banyak produk yang ditawarkan berbentuk Digital. Kebanyakan jasa yang ditawarkan mengharuskan pemilik bisnis menanggung biaya awal. Begitu biaya awal dan bulanan sudah dilunasi, selanjutnya sebagian besar yang masuk adalah laba.
Ini adalah lingkungan yang sempurna untuk orang seperti anda dan saya, yang berada dalam situasi bisnis yang sama, untuk siap berunding. Kita sering tidak perlu menanggung biaya besar saat memperdagangkan produk kita.

Saya akan memberikan contoh kepada anda. Beberapa bulan yang lalu, saya menerima e-mail dari seorang pemuda yang kebetulan tinggal di Texas. Usia nya 16 tahun dan dia bermaksud memperoleh hak utama atas sebuah produk yang saya iklankan di Website saya. Harganya $249. Dia member saya alamat situs dimana dia menawarkan jasa membuat sampul e-book. Saya mengirim produk Digital yang dia inginkan, dan dia membuat beberapa sampul untuk saya, dan kami sama-sama senang. ( Catatan : Dia sudah menghapus situs ini karena sibuk dengan sekolah ).

Saya bisa memberi contoh satu buku penuh, tapi anda memahami maksud saya, kan ? Ajukan dan terima permintaan untuk barter serta konsesi dengan cara yang adil dan sopan. Jangan menjadi orang yang sulit atau tak menyenangkan untuk di ajak berunding.
Pada kesempatan ini secara pribadi saya merasa kegigihan bukanlah kuncinya. Banyak orang akan tidak sepaham, dan dalam banyak kasus anda seharusnya gigih, tapi tidak saat anda meminta seseorang berbisnis dengan anda atau memberi anda sesuatu.  Bersikaplah anggun dan jangan tersinggung ketika ditolak. Tak akan ada orang yang memandang rendah anda bila anda meminta. Malah sebagian kemitraan saya yang paling kuat terbentuk dari hasil berdagang barang dan jasa.

3.    Patuhilah Aturan Emas, Tapi Melangkahlah Terus Hingga ke Aturan Platina

Aturan Emas “Perlakukan orang lain seperti anda memperlakukan diri anda sendiri”, tidak selalu berlaku. Apa yang membahagiakan saya belum tentu membahagiakan anda. Anda juga harus mengerti bagaimana orang lain ingin “diperlakukan” lalu bertindak sesuai keinginannya tersebut.

Tidak realistis jika anda berpikir dapat membuat sebuah Website, lalu pergi berlibur, kembali dalam sebulan, dan mendapati bahwa anda berhasil menjual produk anda senilai ribuan dollar tanpa memberi pelayanan pada pelanggan. Jangan salah paham, ini dekat dengan sikap realistis, dan ini salah satu alas an saya menyukai bisnis ini. Namun sejauh apapun anda mengotomatisasi tugas sehari-hari anda, akan selalu ada kebutuhan dari anda atau orang yang bekerja untuk anda untuk berkomunikasi dengan prospek dan pelanggan.

Saya menyarankan anda mengotomatisasi tugas dan membuat system yang dapat meminimalkan waktu yang anda habiskan untuk aktivitas yang mungkin tidak memerlukan perhatian pribadi, namun saat berurusan langsung dengan orang, pastikan anda mendengarkan apa yang mereka katakan. Simak ucapan mereka dan tanggapi sebagaimana mestinya.

Pengalaman saya sebagai konsumen produk Digital di Internet cukup beragam. Perusahaan-perusahaan yang cerdas memberi respon terhadap permintaan untuk klarfikasi, berhasil mendapatkan sebagian besar bisnis saya. Di lain pihak, saya tahu bahwa saya berhasil menjual lebih banyak produk dan jasa di Internet karena saya memperlakukan setiap orang dengan penuh pengertian serta pertimbangan pada kebutuhan dan hasrat mereka.

4.    Memberi Janji Muluk dan Melebihi Janji

Ajukan penawaran dan tepati sehingga penawaran anda menjadi sangat menarik. Jika tidak mampu meyakinkan orang lain untuk berbisnis dengan kita,  kita tidak berpeluang untuk memberi melebihi apa yang kita janjikan. Tentunya anda harus memberi lebih daripada yang anda janjikan pada setiap bagian dari jasa dan produk anda.
Ada terlalu banyak persaingan di Internet yang berasal dari anda dan saya, yang bersaing untuk mendapatkan uang orang sebagai imbalan atas informasi yang diberikan. Kita tidak dapat mengabaikan konsep “Melebihi Janji”.

5.    Bila Anda Tidak Dapat Bergabung Dengan Mereka, Kalahkan Mereka

Saya suka bekerja dengan orang-orang yang sepemikiran. Usaha patungan dan upaya kerjasama pemasaran adalah sesuatu yang hebat. Akan tetapi, anda akan mendapati bahwa bila anda tidak memegang kendali dan menjadi Pemimpin yang kuat, anda akan harus bekerja mematuhi peraturan orang lain.
Anda seharusnya membidik pasar dimana orang-orang sudah sukses menjual produk kepada pelanggan dalam pasar tersebut. Cobalah bersekutu dengn orang-orang ini dan dirikan usaha patungan serta upaya pemasaran melalui program yang terafiliasi dan perjanjian timbal balik lainnya.

Jadulah seorang pesaing yang kuat. Pilih Pemimpin dibidang khusus yang anda geluti dan berjuanglah untuk menjadi lebih baik. Namun, lakukan ini sambil menghormati para pemasar lain, dan biarkan mereka menikmati profit serta kesuksesan anda bersama anda.

6.    Bila Anda Tidak Terlalu awal, Anda Terlambat

Beberapa detik dari sekarang, beberapa diantara banyak pemasar di luar sana akan mengirim e-mail ke pelanggan mereka, dan melakukan prospek pada ratusan, ribuan, atau puluhan ribu pelanggan. Bila e-mail tersebut berisi Informasi tentang sebuah peluang baru bagi para pembaca, sang pemilik data tidak saja akan memperoleh bagian besar dari profit, tapi juga akan dianggap berbobot, dan para pelanggan akan merasa mendapat manfaat bila masuk ke dalam daftar pemiliknya.

Lebih dari bisnis apapun yang terpikirkan oleh saya, para Pemasar Internet harus selalu berada di atas tren terkini dan membuat penawaran tepat waktu yang akan menarik minat pasar yang khusus mereka bidik.  Lebih bagus lagi bila anda menuntun beberapa tren tersebut dan menciptakan sendiri beberapa produk hot tersebut.



7.    Miliki Pandangan Luas

Untuk melakukan sesuatu hal dengan benar, jarang hanya ada satu cara. Tidak ada peraturan yang mengatakan bahwa anda atau saya hanya boleh memilih satu cara untuk menjalankan bisnis, atau untuk melakukan apapun.  Beberapa pendekatan akan sering menjadi pendekatan yang paling efektif. Terapkan pemikiran ini pada semua hal yang anda lakukan.

Gunakan berbagai cara dalam upaya anda memberi informasi produk pada pasar ceruk. Inilah kunci kesuksesan anda. Menjadi tugas anda untuk memasuki berbagai wilayah dan memahami wilayah tertentu.  Ketika anda memasuki berbagai kelompok ini, dan tentunya saya menganjurkan anda mulai dengan kelompok yang sudah anda kenal, atau setidaknya kelompok yang anda minati, anda harus kembali berpandangan luas. Dengan kata lain, kembangkan kebiasaan melebarkan minat lalu memperluas pengetahuan dan ketrampilan terkait minat anda tersebut.

Informasi yang akan anda berikan melalui produk anda tersebut hanya akan bernilai bila anda targetkan dan fokuskan secara sempit. Tugas anda lah untuk mempunyai banyak akal dalam meneliti beberapa titik informas yang akan member manfaat khusus bagi sekelompok orang. Untuk melakukannya, anda harus mengidentifikasi masalah yang dihadapi kelompok dan member solusi atas masalah tersebut.

8.    Didik Diri Anda

Menuntut ilmu adalah upaya balik modal terbaik anda, senadainya anda menerapkan informasinya. Anda harus mengubah apa yang anda pelajari menjadi sebuah ketrampilan atau pemahaman yang lebih besar dengan mempraktekkan apa yang anda pelajari. Lakukan investasi pada buku, kursus, manual, dan pelatihan yang berhubungan dengan semua aspek pemasaran, yang langsung atau tidak langsung yang berhubungan dengan Internet.  Anda akan menghemat ribuan dollar dn banyak waktu jika belajar dari kesalahan serta kesuksesan orang.

Pastikan anda mencerna nformasi baru setiap hari dan padukan apa yang anda pelajari dengan pemikiran serta tindakan anda. Lalu, ketika anda menulis materi anda sendiri, kosakata, pikiran, gagasan, dan pengalaman anda akan semakin lengkap.

9.    Lebih Banyak Mendengar Ketimbang Berbicara

Saya selalu heran melihat orang betapa sangat menyukai suara mereka sendiri. Ingat, anda sudah mengetahui apa yang anda katakan dan bisa belajar sedikit bila berbicara. Biarkan orang yang anda temui berbagi pikiran dan gagasan mereka dengan anda. Siapapun mereka atau sebanyak tatu sedikit apapun pengetahuan mereka, anda dapat belajar sesuatu dari semua orang.
Bersedialah bertukar informasi , tapi Anda akan jarang diminta atau diminta untuk diberi kesemptan bicara oleh kebanyakan orang. Anda mempunyai dua telinga dan satu mulut. Gunakan kedua indra tersebut sesuai proporsinya dan rasakan manfaatnya.
Kapan hal ini berlaku? Mendengarkan secara cermat berlaku pula untuk korespondensi  tertulis. Jawab pertanyaan e-mail hanya setelah Anda benar-benar memhami perrtanyaanya. Saya mendapati banyak orang tidak menerapkannya. Bagamana dengan Anda? Hal ini membuat frustrasi, kan?

10.    Jaga Keseimbangan
Ini  sulit bagi saya. Saya saat ini terobsesi  menjalankan bisnis di Internet. Saya sering harus berupaya keras untuk melakukan hal lain. Mungkin anda juga begitu
Namun, saya tetap mengembangkan minat lain, berolahraga secara teratur, mempelajari banyak topic, dan berusaha menjadi orang yang serba bisa. Saya belajar memperluas minat saya, dan sebagaimana yang anda baca di bagian tentang berpandangan luas, keseimbangan minat ini dapat bermanfaat. Jangan mengabaikan kesehatan dan keluarga anda demi pekerjaan karena  harganya terlalu mahal untuk  semua bagian kehidupan anda.
Ada dua prinsip penting lain yang akan saya bagi dengan anda dalam pelajaran ini. Kedua prinsip ini saling berkaitan dan penting untuk kesuksesan anda dalam bisnis ini.

1.    Lakukan diversifikasi dan adaptasi.
2.    Selalu promosikan produk dan jasa anda.

Tolong  jangan menganggap diversifikasi sebagai kebalikan dari focus dan spesialisasi. Sebaliknya, pahami  diversifikasi  sebagai hal yang membuat anda makmur dan tumbuh dengan berbagai cara bila anda memperluas layanan saat memantau kebutuhan klien. Belajar dan kembangkan pengetahuan serta keterampilan baru sebagai seorang  pemasar dan pedagang informasi.
Penting bagi kesuksesan anda sebagai pemasar Internet untuk terus-terusan mengingatkan orang supaya menggunakan jasa anda. Produk dan e-zine anda  adalah iklan bagi produk serta jasa anda yang lain. Produk dan jasa istimewa anda merupakan mekanisme penjualan yang kuat untuk menciptakan lebih banyak bisnis saat anda memberi  nilai lebih pada pelanggan.
Puaskan kebutuhan pelanggan anda dan beri nilai, layanan, serta informasi istimewa yang tak dapat diperoleh pelanggan anda di tempat lain. Lalu, beri mereka pelayanan dan penuhi kebutuhan mereka dengan pelayanan baik ini.
Randy Charach adalah salah seorang  bintang  pemasaran Internet yang paling bersinar di dunia. Ia pembicara seminar yang popular serta produser produk informasi berkualitas, dan ia pesulap  professional (www.RandyPromo.com).
Selain nasihat praktisnya mengenai cara menghasilkan uang secara online, ia dikenal atas nasihat falsafahnya yang mantap dan pada akhirnya menjadi fondasi dari perolehan imbalan uang yang lebih besar. Itulah sebabnya kami memutuskan mengawali buku ini dengan sebuah kutipan (terima kasih Randy) dari e-buku terlaris Randy, Niche Magic: How to Pick a Niche and Get Rich (www.NicheMagic.com).
Untuk mendapatkan e-zine gratis tentang pemasaran dan peluang bisnis Randy Carach, silahkan kunjungi  www.RandyReport.com .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar